What can I get you

2 Okt

Kalimat sumber

“What can I get you, sweetie?”

Konteks adegan ini adalah seorang pelayan restoran tengah bertanya kepada tamu yang jauh lebih muda daripadanya. Maka tentu saja tidak tepat bila diartikan, “Apa yang bisa saya ambilkan, Sayang?”

Saya terjemahkan sbb:

“Mau pesan apa, Sayang?”

3 Tanggapan to “What can I get you”

  1. maharani aulia 2 Oktober 2011 pada 16:15 #

    mbak Rini, aku senang bisa mendapat manfaat dari tulisan2 mbak🙂 terima kasih ya..

  2. Evie W 30 Oktober 2011 pada 22:08 #

    Di Belanda beberapa kali saya mengalaminya, penjual yang menyapa dengan menyelipkan kata “schat”. Biasanya karena si penjual seorang yang penggembira, atau suasana hatinya yang sedang gembira, sehingga baginya siapa saja yang dihadapinya pada saat itu pantas disebut demikian. Meskipun kata itu terucapkan lebih karena suasana hatinya, namun tidak semua orang suka dengan sebutan itu.

    Pernah suatu kali saat si penjual bunga menyerahkan uang kembalian dan belanjaanku dengan “Alsjeblieft, schat …”, anandaku (k.l. 7 tahun) yang sedang berdiri di belakangku dengan gusar menyambar: “Zij is mijn moeder, NIET uw schat!” Reaksi anandaku ini merupakan contoh kesalahpahamannya. Si penjual menggunakan kata “schat” sebagai penghargaan (mungkin karena aku menyapanya dengan sopan sehingga baginya aku bersikap ‘manis’, atau bisa juga karena penampilanku pada saat itu … hehehe).. Keduanya tidak ada hubungannya dengan pemahaman anandaku yang mengartikan “schat” dengan “sayang” (“Dia ibuKU, BUKAN sayangmu!”).

    Dengan cerita di atas saya mencoba memberi contoh bahwa dalam konteks sapaan, seperti di atas, saya cenderung memadankannya dengan kata “manis” (“Mau pesan apa, manis?”), tidak dengan kata “sayang”.

    • Evie W 30 Oktober 2011 pada 22:15 #

      Namun mengingat di Indonesia tidak lazim kita menggunakan kata sebutan yang bernuansa intim seperti itu untuk orang yang tidak/belum dikenal, menurut saya cukup berterima apabila kata “sweetie” diterjemahkan (kata sebutan) “‘dik” (diiringi senyum yang segar).

Tinggalkan Balasan

