‘believe’ yang bukan ‘percaya’

7 Des

Kalimat sumber

I realize with a start that he may not be as old as I believed.

Terjemahan awal

Baru kusadari, mungkin sebenarnya ia tidak setua yang kupercayai.

Terjemahan final

Baru kusadari, mungkin sebenarnya ia tidak setua yang kukira.

 

Contoh lain:

Kalimat sumber

“I can’t believe you heard that. I’m so sorry. My God…”

Terjemahan

“Aku tak percaya kau mendengar itu. Aku benar-benar minta maaf. Ya Tuhan…”

Suntingan

“Aku tak sangka kau mendengar itu. Aku benar-benar minta maaf. Ya Tuhan…”

 

Contoh lain lagi:

“I just can’t believe I have to find out everything about you from Diane.”

Terjemahan awal

“Aku hanya tak bisa percaya karena harus tahu semuanya tentangmu dari Diane.”

Terjemahan final

“Aku hanya kaget karena harus tahu semuanya tentangmu dari Diane.”

4 Tanggapan to “‘believe’ yang bukan ‘percaya’”

  1. Meiyani H 14 Januari 2012 pada 10:05 #

    Kadang2 dalam menerjemahkan saya menggunakan sistem ‘terjemahkan kembali’ untuk memeriksa ketepatan padanan kata yang saya pilih.
    Menurut hemat saya, hasil padanan “yang kukira” dalam kalimat di atas lebih tepat kalau penulis aslinya menggunakan kata “I thought”. Padahal ia menulis “I believed” ada unsur “kepercayaan/keyakinan” dalam kata itu, jadi akan lebih tepat kalau padanannya menjadi “yang kukira selama ini”
    – Baru kusadari, mungkin sebenarnya ia tidak setua yang kukira selama ini.

  2. suprayogisalim 20 Maret 2012 pada 21:14 #

    wah, saya baru nemu blog tentang saran2 penerjemahan… terimakasih mbak🙂, insyaAllah akan saya ikuti terus postingannya

  3. Abdurrahman 30 April 2012 pada 22:09 #

    Blog yang sangat membantu!, sekurangnya untuk menjadi pembaca yang baik…, terima kasih

Tinggalkan Balasan

