couldn’t be seen

17 Mar

Kalimat sumber

I couldn’t be seen in public looking this way!

Terjemahan awal

Aku tidak bisa muncul di depan umum dengan penampilan seperti ini!

Terjemahan final

Aku tidak boleh muncul di depan umum dengan penampilan seperti ini!

8 Tanggapan to “couldn’t be seen”

  1. Kuntari P. Januwarsi (Niratisaya) 24 April 2015 pada 11:33 #

    Halo, Mbak 🙂
    Boleh tahu pertimbangan mengganti “tidak bisa” jadi “tidak boleh”?
    Rasanya seperti mengubah situasi, selain saya lebih sering mendapati penerjemahan “tidak bisa” dibanding “tidak boleh”.
    Mumpung bisa tanya penerjemah berpengalaman 😀

    • Rini Nurul Badariah 24 April 2015 pada 12:11 #

      Boleh, Tari:)
      Menurutku, alasannya kalimat ini juga bisa diartikan “Jangan sampai aku muncul di depan umum dengan penampilan seperti ini.”

  2. widya 16 Januari 2017 pada 10:03 #

    Hai, Mba Rini…
    Terkadang dalam suatu spesifikasi Paten, saya banyak menemukan kata “can” diterjemahkan menjadi “dapat” dan “may” diterjemahkan menjadi “bisa”. Apakah harus selalu diterjemahkan seperti itu? Terima kasih 🙂

    • Rini Nurul Badariah 16 Januari 2017 pada 14:15 #

      Halo, Mbak Widya.
      Contoh di tulisan ini berlaku untuk karya fiksi dan kadang buku nonfiksi. Mengenai dokumen, sepertinya ada aturan tersendiri:) Mungkin Femmy (pemilik blog ini) lebih tahu.

    • Femmy Syahrani 16 Januari 2017 pada 16:41 #

      Saya belum pernah menerjemahkan paten, jadi tidak tahu pasti juga, ya. Tetapi, secara umum, saya kira can/may bisa diterjemahkan menjadi mana saja di antara dapat/bisa/boleh, tidak harus selalu satu kata tertentu. Semua tergantung konteks kalimatnya.

      • widya 17 Januari 2017 pada 08:32 #

        Terima kasih atas jawabannya Mba Rini dan Mba Femmy 🙂 Kalau boleh tahu, kira2 referensi yang bisa saya baca untuk penerjemahan dokumen hukum seperti perjanjian atau kontrak apa ya? Terima kasih sekali lagi 🙂

    • Femmy Syahrani 17 Januari 2017 pada 08:51 #

      Mbak Widya, soal referensi penerjemahan di bidang hukum, saya kurang tahu juga, karena hampir tidak pernah menanganinya. Harus tanya kepada penerjemah di bidang itu.

Tinggalkan Balasan

