Is there someone you like me to call?

12 Jun

Konteksnya di rumah sakit. Misalnya ketika anggota keluarga tengah dioperasi atau mengalami kecelakaan berat. Biasanya pertanyaan ini diajukan staf rumah sakit (dokter, perawat, dan lainnya) kepada keluarga pasien yang menunggui dan tampak terguncang.

Sama dengan How did he die?, kalimat ini relatif sukar diterjemahkan karena bukan budaya kita. Setidaknya, sependek pengalaman saya terkait perawatan di rumah sakit dan ke IGD, belum pernah ada yang bertanya atau menawarkan menghubungi keluarga atau kerabat selagi saya sendiri bingung harus berbuat apa. Seingat saya, lebih sering ditanya, “Ibu tinggal di mana?”

Jika menemukan kalimat semacam ini, dapat kita terjemahkan, “Ada yang bisa saya bantu hubungi?” atau “Ada yang perlu saya hubungi?”

 

Tinggalkan Balasan

